PROGRAM STUDI AGROBISNIS,MENCETAK ENTREPRENEUR PERTANIAN BERWAWASAN GLOBAL

Program Studi Agrobisnis secara administrative berada di bawah pengelolaan Fakultas Pertanian UNWAHA. Penamaan Prodi Agrobisnis mengacu pada SK Dirjen DIKTI No.163/DIKTI/Kep/2007 tentang penataan dan kodifikasi Prodi pada Perguruan tinggi.

Prodi Agrobinis merupakan program yang mempelajari tentang usaha pertanian yang berorientasi profit, yang berhubungan dengan strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya pasca panen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.

Dalam Prodi Agrobisnis diajarkan tentang :

  • Sektor budidaya, bagaimana cara menghasilkan budidaya pertanian yang produktif dan berkualitas.
  • Pengolahan hasil panen untuk menjadi produk setengah jadi atau jadi.
  • Manajemen usaha dalam membangun usaha, menganalisis dan mengatur kegiatan usaha pertanian.
  • Penanaman jiwa kewirausahaan
  • Pemasaran produk yang efektif agar memperoleh profit.

Di ruang lingkup pertanian, lulusan Prodi Agrobisnis dapat bekerja sebagai entrepreneur di bidang pertanian, penyuluh pertanian, konsultan pertanian di instansi pemerintah/swasta. Selain itu juga berpeluang sebagai pegawai bank, manajer lapang di BUMN atau swasta, manajer pemasaran di perusahaan, distributor produk pertanian, peneliti pertanian. Saat ini PS Agrobisnis masih membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa yang ingin bergabung untuk menimba ilmu, kembangkan kreatifitas dan inovatif pertanian agrobisnis.

Pelaksanaan pembelajaran di Program studi Agrobisnis Faperta Unwaha dilakukan dengan menggabungkan antara teori dan praktikum yang langsung ke lapang dan berinteraksi dengan lembaga/instansi/pengusaha/UKM yang bergerak di bidang bisnis pertanian, untuk lebih membuka wawasan global tentang Agrobisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *