MANFAAT APLIKASI MIKORIZA (Mikoriza Arbuskular Versikular)

Jenis Endomikoriza memiliki karakteristik pertumbuhan jaringan hifa yang masuk ke dalam sel korteks, kemudian membentuk dua struktur yang spesifik yaitu oval yang disebut vesikula dan bercabang yang disebut arbuskula (Musfal, 2010). Pertumbuhan dengan karakteristik tersebut memberi nama lain dari Endomikoriza yaitu Mikoriza Vesicular Arbuscular (MVA) atau Mikoriza Vesikula (Quilambo, 2003).

Inokulasi mikoriza dapat meningkatkan jumlah bintil akar secara nyata pada tanaman kedelai. Mikoriza meningkatkan produksi hormone seperti auksin dan sitokinin yang dapat mendukung pertumbuhan akar yang dapat meningkatkan aktifitas rhizobium untuk membentuk bintil akar (Muis dkk 2013).

Mikoriza juga mampu meningkatkan ketahanan terhadap serangan pathogen akar, antara lain dengan menghasilkan selubung akar atau antibiotic (Nurhayati, 2012). Dodd (2000, dalam Quilambo, 2003) melaporkan bahwa MVA mencegah infeksi pathogen antara lain. Phytopthora parasitica atau Fusarium sp, dan serangan nematode akar. Lebih lanjut Pozo et.al (2002, dalam Quilambo, 2003) melaporkan bahwa Glomus mosseae efektif mengurangi gejala penyakit yang diproduksi oleh pathogen P.parasitica.

Mikoriza Arbuskular tersebar sangat luas dan ada pada sebagian besar ekosistem yang menghubungkan antara tanaman dengan rizosfer, yang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan serapan air pada akar (Sasli, 2004 dalam Suherman,dkk., 2012) dan mendukung daya tahan tanaman terhadap kondisi kekeringan, serta tahan terhadap serangan pathogen (Hardiatmi, 2008 dalam Suherman,dkk., 2012).(Bahasan mendatang : Mekanisme kerja MVA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *