Kerja Sama FAPERTA UNWAHA dengan CV Pendawa Kencana

Faperta bekerja sama dengan CV. Pendawa Kencana Multyfarm Sleman-YK
Go faperta!

 

MENIMBA ILMU PERTANIAN DIBAWAH LERENG GUNUNG MERAPI

. Kamis 19 Mei 2016 pagi, rombongan faperta UNWAHA mengadakan kunjungan lapang di CV Pendawa Kencana Multi Farm Sleman Jogjakarta.Hal ini berkenaan dengan upaya Fakultas Pertanian Universitas KH.A. Wahab Hasbullah untuk meningkatkan  kompetensi mahasiswa terhadap materi kuliah melalui praktek dan kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa serta menumbuhkan interaksi antara mahasiswa dengan materi ajar di lapang

Rombongan yang terdiri dari tiga dosen dan empat mahasiswa faperta UNWAHA diterima dengan baik oleh Bpk. Prof.dr KRM Gembong Danudiningrat, ”dokter ekonomi” nya petani(beliau lebih suka dianggap seperti itu) yang juga Guru Besar fakultas pertanian di Universitas Gadjah Mada, selaku pemilik dari CV tersebut. Disisi lain, beliau juga membantu petani-petani Indonesia dengan meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan kuantitas komoditi yang dibudidayakan petani, sehingga mempunyai nilai tinggi berkualitas ekspor, yang dapat menambah pendapatan petani Indonesia.

Banyak inovasi-inovasi yang dilakukan Pak Gem sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas petani Indonesia, juga kualitas dan kuantitas produk pertanian yang dihasilkan. Antara lain Kopi Luwak  produksi dari Pak Gem merupakan hasil dari fermentasi enzim pencernaan luwak, sehingga kopi dari hasil fermentasi tersebut rasanya tidak kalah enaknya dengan kopi dari hasil feses luwak. Buah naga berkulit kuning, yang umumnya berwarna merah juga dikembangkan di lahan CV tersebut. Buah naga yang rasanya manis meskipun masih muda tersebut dibandrol dengan harga berkisar 250-280 ribu perbuah. Masih banyak hasil inovasi Pak Gem lainnya seperti cabe besar rasa manis, jagung Kristal, wortel rasa apel dan produk pertanian nyleneh lainnya. Juga dilakukan pelatihan singkat membuat pupuk kompos yang berkualitas, membuat media tanam,mencangkok pohon pepaya, menanam ubi kayu super yang benar.

Berada di tempat tersebut, dengan ditemani Pak Gem yang ramah, terbuka, tidak cethil membagi ilmunya, apalagi disertai dengan suguhan kopi luwak, mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore terasa begitu singkat. Rasanya belum puas untuk mendapatkan banyak materi dan inovasi dibidang pertanian yang dikembangkan oleh beliau. Seiring dengan turunnya rombongan faperta UNWAHA dari lereng Gunung Merapi, membawa ilmu dan pengalaman yang bermanfaat untuk diaplikasikan demi pengembangan kualitas dan kuantitas Fakultas Pertanian UNWAHA ke depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *