Pengenalan Budidaya serta pengolahan hasil pertanian di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Jogoroto

Praktikum lapang yang dilaksanakan di Balai Penyuluh Pertanian(BPP) Jogoroto Kabupaten Jombang 4 Mei 2016, sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Mahasiswa menerima dan mengaplikasikan materi yang diberikan oleh Penyuluh Pertanian di BPP Kecamatan Jogoroto.

Praktikum lapangan diawali dengan pengenalan pembibitan dan cara pembiakan vegetative tanaman budidaya. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dan cara pengolahan lahan dengan menggunakan mesin traktor. Selain itu, juga dikenalkan ternak ayam buras dengan system kandang panggung.

Setelah selesai di lapangan, praktikum berlanjut di ruangan. Materi yang disampaikan adalah; a) materi uji tanah, b) cara pembuatan agens hayati Coryne bacterium , c) kemudian materi tentang pembuatan tahu organic.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan tanya jawab seputar materi dan lingkup pertanian. Para mahasiswa diberi waktu tak terbatas untuk bertanya, memberi komentar dan tanggapan kepada para petugas BPP yang dengan senang hati menjawab dan menerangkan kepada mereka.

Acara praktikum lapangan diakhiri dengan Rencana Tindak Lanjut (RTL) antara pihak BPP Jogoroto dengan fakultas pertanian UNWAHA. Diharapkan dengan melalui kerjasama ini dapat terjalin silaturahmi, bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan potensi pertanian khususnya di Kabupaten Jombang.

Berdasarkan kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa sudah mendapatkan banyak gambaran yang jelas tentang budidaya dan pengolahan hasil pertanian. Oleh karena itu, motivasi untuk bisa bekerja dan membangkitkan pertanian mulai dari hulu sampai hilir diharapkan tertanam bagi mahasiswa. Diharapkan juga dapat mendorong mahasiswa untuk menciptakan sebuah inovasi-inovasi baru dengan menerapkan ilmu pengetahuan baik teori maupun praktek yang telah diperoleh dibangku kuliah. Secara khusus mahasiswa merasakan adanya sebuah motivasi yang besar setelah lulus dari Fakultas Pertanian Universitas KH.A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) menjadi bagian dalam upaya  mengembangkan dan meningkatkan pertanian di Indonesia.

Tema Kegiatan Praktikum Lapangan

Pengenalan Budidaya pertanian di lahan serta pengolahan hasil pertanian

Waktu dan Tempat

Pelaksanaan diadakan tanggal 4 Mei 2016, pukul 08.00 sampai selesai, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Jogoroto, Jalan Raya Diwek Mojowarno, Dusun Dongeng, Desa jarakkulon, kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

Peserta Praktikum Lapangan

Mahasiswa fakultas Pertanian semester 2 – 6 yang menempuh mata kuliah : Budidaya Tanaman, Manajemen tanaman Perkebunan,Manajemen Agroekosistem, dan Pengetahuan bahan pangan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *