Selayang Pandang Fakultas Pertanian Universitas KH.A. Wahab Hasbullah

Fakultas Pertanian Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (FP-Unwaha) yang kampusnya terletak di Kota Jombang,  merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah didirikan pada tanggal 13 Agustus 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 38/E/O/2013  tahun 2013.

Saat ini FP-Unwaha menyelenggarakan 4 Program studi, yaitu: Program Studi Agroekoteknologi, Agribisnis, Teknik Pertanian dan Teknologi Hasil pertanian.

Fakultas Pertanian Unwaha berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pertanian, sesuai dengan Roadmap Penelitian yaitu Ketahanan Pangan dan Energi Terbarukan. Hal ini didukung dengan peningkatan dan pengembangan kerjasama PT dalam negeri dan PT luar negeri.

Di masa mendatang, FP-Unwaha diharapkan mampu mensejajarkan dirinya dengan fakultas pertanian dari universitas terkemuka di Asia dalam hal mutu proses pembelajaran dan lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat, menuju Unwaha berwawasan global dan berkarakter Islami

AGRIBISNIS

Prodi Agribisnis diajarkan tentang :

  • Sektor budidaya, bagaimana cara menghasilkan budidaya pertanian yang produktif dan berkualitas.
  • Pengolahan hasil panen produk setengah jadi atau jadi.
  • Manajemen usaha dalam membangun usaha, menganalisis dan mengatur kegiatan usaha pertanian.
  • Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan beserta sosiologinya
  • Penanaman jiwa kewirausahaan
  • Pemasaran produk yang efektif agar memperoleh profit.

Prospek lulusan Prodi Agribisnis adalah sebagai entrepreneur di bidang pertanian, penyuluh pertanian, konsultan pertanian di instansi pemerintah/swasta. Selain itu juga berpeluang sebagai pegawai bank, manajer lapang di BUMN atau swasta, manajer pemasaran di perusahaan.

AGROEKOTEKNOLOGI

Prodi Agroekoteknologi diajarkan tentang :

  • Budidaya tanaman, bagaimana pembudidayaan tanaman pangan/hortikultura/perkebunan
  • Pengetahuan tentang organism pengganggu tanaman(OPT), dan manajemen dalam pengendalian OPT terpadu.
  • Rekayasa tanaman dan lingkungan dengan penerapan teknologi
  • Pemanfaatan dan pengembangan agen hayati dan musuh alami

Prospek lulusan Prodi Agroekoteknologi dapat bekerja sebagai pengajar,peneliti dan pengembangan riset di bidang industry pangan,pakan, farmaka, dan biodiesel.sebagai konsultan sector  pertanian/perkebunan, fasilitator pemberdayaan masyarakat. entrepreneur komoditas pertanian

TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN

Prodi Teknolgi Hasil Pertanian diajarkan tentang :

  • Ruang lingkup pangan dan gizi antara hubungan pertanian dengan pengadaan pangan dan dampaknya terhadap gizi penduduk
  • Alat dan mesin pasca panen hasil pertanian
  • Manajemen operasi produksi, agroindustri.
  • Hygiene, sanitasi, dan keamanan industry pangan, jenis dan sumber kontaminan serta factor – factor yang mempengaruhinya.
  • Dasar – dasar pengolahan hasil pertanian dan penggunaan berbagai bahan tambahan dengan proses tradisional sampai modern.

Prospek lulusan Prodi Agroekoteknologi dapat bekerja di bidang industri di bidang pengolahan hasil pertanian, ingredient pangan, peralatan hasil pertanian, dan industri pengemasan pangan dan hasil pertanian. Peluang bekerja di bidang pengawasan mutu di perkebunan, pangan, dan hortikultura, distributor dan retailer hasil pertanian, wirausaha dibidang pengolahan hasil pertanian, konsultan dibidang :  industri pertanian, dan lingkungan. Sebagai peneliti di lembaga penelitian dan pengembangan,serta instansi pemerintah.

TEKNIK PERTANIAN

Prodi Teknik Pertanian diajarkan tentang :

Prospek lulusan Prodi Teknik Pertanian dapat bekerja di bidang quality control, operasional dan engineering di perusahaan alat industry pertanian, pangan, dan perkebunan Pengajar,peneliti, bekerja di instansi pemerintah dan swasta.konsultan sector pertanian/perkebunan,  fasilitator pemberdayaan masyarakat. entrepreneur komoditas perkebunan, pangan, dan keteknikan pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *