Kuliah Umum Agrobisnis UNWAHA

Kegiatan perkuliahan di Lantai 2 Gedung D Kampus Universitas KH.A. Wahab Hasbullah (UNWAHA), Senin, 2 Mei 2016, berbeda dari sebelumnya. Pagi itu, pukul 09.00, para mahasiswa Fakultas Pertanian dan juga perwakilan dari Lembaga Gubernur Mahasiswa(LGM) fakultas lain ikut hadir. Sejumlah dosen faperta tampak ikut bergabung bersama mahasiswa dalam ruangan tersebut.

Kuliah hari itu memang beda karena faperta Unwaha mengadakan” Seminar Bersama” yang menghadirkan Bpk. Mardianto Harahap,SP.,MP sebagai pemateri utama. Beliau merupakan Section Head of Program development and Data Analisys, di PT Bumitama Gunajaya Agro Group, Jakarta. Perusahaan tersebut bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Materi yang disampaikan oleh beliau berkenaan dengan manajemen perkebunan kelapa sawit terutama di Indonesia. Mulai dari budidaya sampai pengolahan hasil kelapa sawit di pabrik dengan menggunakan teknologi modern. Dalam pemaparannya,Bang Ucok (begitu biasa dipanggil) juga menyampaikan kendala – kendala yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, seperti moratorium pembukaan lahan untuk perkebunan, dan juga tentang persamaan dan perbedaan antara sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil(ISPO) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) standar sawit berkelanjutan Indonesia dan dunia.

Hal – hal menarik dari pemaparan disertai dengan pemutaran video tentang kelapa sawit banyak mengundang pertanyaan, tanggapan, bahkan “sambatan” dari audiens yang hadir pada saat itu. Mulai dari design block pembukaan lahan yang dibantu dengan GPS, cara menangani OPT, sampai keluhan cara memastikan bibit sawit  yang baik, atau mengapa pabrik sawit terlalu “rewel” selektif menerima hasil sawit petani.

Alhamdullilah, seminar bersama hari itu yang mengangkat topic tentang Manajemen Perkebunan Sawit di Indonesia dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Acara berdurasi lebih dari dua jam tersebut dapat membuka wawasan dan kompetensi mahasiswa tentang “per-sawit-an”, memperoleh informasi bagaimana system manajemen perusahaan sawit Indonesia,dan tidak lupa juga (ini juga penting) tentang dunia kerja serta informasi lapangan kerja di perkebunan kelapa sawit. Diharapkan kegiatan ini sebagai salah satu sarana untuk menjalin kerja sama antara Perguruan Tinggi khususnya Fakultas Pertanian  Universitas KH.A. Wahab Hasbullah dengan pihak industry/perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Tidak hanya informasi/wawasan pengetahuan,lapangan kerja, tetapi juga pengembangan penelitian untuk industry.(written by sekarsasanti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *